Memahami dan Menyusun Bab 3 Metode Penelitian


  

 

Memahami dan Menyusun Bab 3 Metode Penelitian

Bab 3 dalam karya tulis ilmiah, yaitu Metode Penelitian, merupakan bagian yang sangat penting karena menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan. Bab ini memuat perincian tentang proses, langkah-langkah, dan teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Dengan metode penelitian yang jelas, penelitian dapat dipahami dan, jika perlu, direplikasi oleh peneliti lain.

Berikut adalah komponen utama dalam menyusun Bab 3 Metode Penelitian:

1. Desain Penelitian

Desain Penelitian adalah rencana atau kerangka kerja yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Desain penelitian bergantung pada tujuan dan jenis penelitian yang dilakukan, serta pendekatan yang digunakan, apakah itu kuantitatif, kualitatif, atau campuran (mixed methods). Beberapa desain penelitian yang umum digunakan antara lain:

1. Desain penelitian eksperimental
Penelitian yang melibatkan percobaan, di mana kondisi subjek dapat dimanipulasi. Ada empat jenis desain penelitian eksperimental, yaitu pre-experimental, true-experimental, quasi-experimental, dan factorial experimental. 

2. Desain penelitian survei
Penelitian yang dilakukan pada populasi besar atau kecil dengan mengambil sampel. Data yang diperoleh kemudian diolah untuk menemukan hubungan antar variabel.  

3. Desain penelitian longitudinal
Penelitian yang menggunakan data dan rentang waktu panjang. Teknik yang digunakan biasanya adalah kuesioner dan interview yang terstruktur.  

4. Desain penelitian studi kasus
Penelitian yang bertujuan untuk meneliti proses penyelidikan pada objek yang diambil.  

5. Desain penelitian kualitatif
Beberapa jenis penelitian kualitatif, di antaranya etnografi, studi kasus, studi dokumen/teks, observasi alami, wawancara terpusat, fenomenologi, grounded theory, dan studi sejarah. 

6. Desain penelitian kuantitatif
Beberapa jenis desain penelitian kuantitatif, di antaranya desain eksperimental, komparatif, atau korelasional prediktif

7. Desain penelitian pada Research and Development (R&D)
Penelitian untuk menentukan alat yang akan digunakan dan bagaimana alat tersebut digunakan. Jenis masalah penelitian yang dihadapi organisasi akan menentukan desain penelitian.

Peneliti harus menjelaskan alasan memilih desain tertentu dan bagaimana desain tersebut sesuai dengan tujuan penelitian.

 

2. Subjek dan Objek Penelitian

Subjek Penelitian adalah individu atau kelompok yang menjadi fokus dari pengumpulan data. Misalnya, siswa, guru, atau masyarakat tertentu bisa menjadi subjek dalam penelitian. Pemilihan subjek didasarkan pada kriteria khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian, seperti usia, jenis kelamin, atau tingkat pendidikan.

Objek Penelitian adalah hal atau variabel yang diteliti dalam penelitian. Objek ini bisa berupa aspek-aspek tertentu yang ingin diketahui atau diukur dalam penelitian, seperti perilaku, minat belajar, atau hasil belajar siswa. Penting bagi peneliti untuk menjelaskan subjek dan objek penelitian secara detail agar pembaca memahami ruang lingkup penelitian yang dilakukan.

 

3. Populasi dan Sampel

Populasi adalah seluruh kelompok atau individu yang menjadi subjek dari penelitian. Populasi mencakup semua siswa yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan kriteria penelitian. 

Sampel bagian dari populasi yang dipilih untuk menjadi perwakilan dalam penelitian. Karena melibatkan seluruh populasi tidak selalu memungkinkan, sampel digunakan untuk menyederhanakan penelitian dengan tetap memberikan hasil yang dapat digeneralisasi. Sampel harus dipilih secara tepat agar hasilnya akurat dan relevan dengan populasi yang lebih besar.

4. Lokasi, Waktu, dan Jadwal Penelitian

Lokasi Penelitian adalah tempat di mana penelitian dilakukan. Pemilihan lokasi perlu disesuaikan dengan tujuan penelitian dan diuraikan dengan jelas dalam metode penelitian, termasuk alasan pemilihan lokasi tersebut, apakah itu sekolah, kampus, perusahaan, atau lingkungan masyarakat tertentu.

Waktu Penelitian adalah periode waktu di mana penelitian dilakukan, seperti semester, tahun ajaran, atau periode tertentu. Sedangkan Jadwal Penelitian merinci tahapan-tahapan penelitian berikut rentang waktu untuk setiap tahap, mulai dari persiapan hingga penyusunan laporan hasil penelitian. Jadwal ini biasanya disajikan dalam bentuk tabel atau bagan sehingga terlihat jelas tahapan-tahapan yang telah atau akan dilakukan.

 

5. Data dan Sumber Data

Data Penelitian adalah informasi atau bahan yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data dalam penelitian terbagi menjadi dua jenis:

  • Data Primer: Data yang diperoleh langsung dari responden atau subjek penelitian melalui observasi, wawancara, atau kuesioner.
  • Data Sekunder: Data yang diambil dari sumber lain seperti buku, jurnal, atau laporan yang relevan dengan penelitian.

Sumber Data adalah asal atau tempat data didapatkan, yang bisa berasal dari orang, dokumen, atau tempat tertentu. Misalnya, dalam penelitian tentang perilaku siswa, data primer dapat berasal dari observasi langsung, sedangkan data sekunder dapat berasal dari data statistik sekolah atau penelitian terdahulu.

 

6. Teknik Pengumpulan Data

Teknik Pengumpulan Data adalah cara atau metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari subjek penelitian. Teknik ini perlu dipilih dengan mempertimbangkan jenis data yang dibutuhkan dan relevansi dengan desain penelitian. Beberapa teknik pengumpulan data yang sering digunakan antara lain:

  • Observasi: Mengamati secara langsung subjek atau situasi penelitian.
  • Wawancara: Mengajukan pertanyaan kepada subjek untuk mendapatkan data yang lebih mendalam.
  • Kuesioner: Mengumpulkan data melalui pertanyaan tertulis yang diberikan kepada responden.
  • Dokumentasi: Menggunakan dokumen atau arsip yang relevan sebagai data penelitian.

Setiap teknik harus dijelaskan secara detail, termasuk bagaimana cara pelaksanaannya dan alasan memilih teknik tersebut dalam konteks penelitian.

 

7. Teknik Analisis Data

Teknik Analisis Data adalah metode yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan, sehingga menghasilkan kesimpulan atau temuan penelitian. Teknik analisis data berbeda tergantung pada jenis penelitian dan jenis data yang dikumpulkan. Berikut adalah teknik analisis data yang umum digunakan:

- Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam berdasarkan data deskriptif, seperti wawancara, observasi, atau catatan lapangan.

- Penelitian kuantitatif menggunakan data angka atau statistik untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data yang dikumpulkan berupa angka, yang kemudian dianalisis dengan perhitungan sederhana.

- Penelitian eksperimen dilakukan untuk menguji suatu hipotesis atau dugaan dengan cara melakukan percobaan, kemudian membandingkan hasil sebelum dan sesudah eksperimen.

Penelitian Research & Development (R&D) bertujuan untuk mengembangkan produk atau metode baru, kemudian menguji keefektifan produk tersebut.

 

Contoh Susunan Bab 3 Metode Penelitian

Berikut adalah contoh struktur dari Bab 3 Metode Penelitian dalam karya tulis ilmiah:

Bab 3 Metode Penelitian

A. Desain Penelitian
Desain penelitian ini adalah desain survei deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara minat belajar dan penggunaan media sosial di kalangan siswa Sekolah Dasar.

B. Lokasi, Waktu, dan Jadwal Penelitian
Lokasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar XYZ, dan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jadwal penelitian terdiri dari tahapan persiapan, pengumpulan data, analisis data, hingga penulisan laporan yang direncanakan selama 3 bulan.

C. Subjek dan Objek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 SD, sementara objek penelitian adalah tingkat minat belajar siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan media sosial.

D. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 6 SD tahun pelajaran 2024/2025, sementara sampel penelitian ini adalah siswa-siswi  SDIT Ar Ruhul Jadid sebanyak 40 sampel.

E. Data dan Sumber Data
Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh siswa, sementara data sekunder berasal dari laporan sekolah tentang hasil belajar siswa.

F. Teknik Pengumpulan Data
Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup untuk mendapatkan data kuantitatif terkait minat belajar dan penggunaan media sosial.

G. Teknik Analisis Data
Data dianalisis menggunakan teknik Analisis deskriptif adalah dengan cara mengumpulkan, menyusun, mengolah, dan menganalisis data untuk menggambarkan masalah yang ada. untuk melihat hubungan antara penggunaan media sosial dengan minat belajar.

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment